berjalanlah sampai tujuan tercapai

Terimakasih telah berkunjung. Semoga Anda menemukan apa yang Anda butuhkan

AdSense

Cara Menghindari / Mencegah Flu atau pilek

anak flu atau pilek

Flu atau pilek ? jangan mau.
Ada beberapa cara untuk menghindari flu atau pilek yang mudah kita lakukan demi kesehatan kita. berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit flu atau pilek.
.
Cara menghindari flu atau pilek :

1. Gunakan vaksin flu
Gunakan vaksin flu pada saat musim flu datang. Tetapi tidak semua virus flu dapat di tangkal oleh vaksin flu tersebut. Dari waktu ke waktu terdapat juga jenis vaksin dengan tipe virus yang sedang menjadi wabah.  Tapi selain berbeda type virus nya, seringkali muncul tipe virus yang lolos dari upaya penangkalan, itu di karenakan banyaknya tipe virus dan strain virus flu yang ada.

2. Perkuat kekebalan tubuh
Dengan istirahat yang cukup dan menu makanan yang bergizi tinggi terutama disaat musim hujan merupakan cara untuk memperkuat kekebalan tubuh. minum air hangat, mandi air hangat, dan baluri tubuh dengan obat gosok. Pilih makanan bergizi tinggi khususnya yang berprotein tinggi seperti: susu, telur, daging dan sayur mayur berwarna hijau. Hindari hembusan angin, berada di udara terbuka apalagi mandi hujan.

3. Hindari sering terkena udara dingin
Semakin sering tubuh kita terpapar dengan udara dingin semakin mudah kita terserang virus, bukan hanya virus flu tapi semua jenis virus. Virus mudah menjangkit tubuh kita apabila ketahanan tubuh kita semakin melemah. maka untuk melawan agar virus menyerang adalah dengan menjaga agar ketahanan tubuh kita kuat. Jika ketahanan tubuh kita kuat maka virus yang sudah masuk akan bisa di basmi atau di tumpas secara alami, sehingga kita batal jatuh sakit flu.

4. Rajin basuh tangan dengan sabun
Tangan kita menjadikan sumber perpindahan virus ke tubuh kita melalui aktifitas seperti: bersentuhan dengan daun pintu, bersentuhan dengan uang, pintu mobil dan lain-lain yang juga di sentuh oleh orang selain kita. Studi tentang hal ini sudah di pelajari sewaktu SARS mewabah. Dari sana virus yang sudah mencemari segala yang di sentuh oleh pengidap flu bisa berpindah ke jemari tangan kita.

5. Sering berkumur-kumur
Virus flu memasuki tubuh melewati lubang hidung dan rongga mulut. Selain hidung harus terjaga bersih, mulutpun pertahananya perlu kokoh atau kuat. Maka disarankan untuk berkumur sesering mungkin. Untuk obat kumur kita bisa menggunakan seduhan daun sirih atau memakai obat kumur yang ada di pasaran. Dengan cara demikian kita berusaha mengenyahkan bibit penyakit yang mungkin sudah mulai mengendap di rongga mulut, termasuk bibit virus flu.

Demikian upaya pencegahan  flu, yang sebenarnya jika cara di atas di praktekan setiap hari maka tubuh kita akan selalu sehat dan aman dari serangan flu. Jika badan sudah terasa pegal-pegal, bersin-bersin, kepala pusing, mata terasa panas, dan batuk-batuk kecil, kemungkinan itu adalah gejala awal penyakit flu, segera meminum obat flu apa saja dan tidur setelah kita meminum minuman yang hangat-hangat. Biasanya dengan cara itu penyakit flu batal muncul.


lihat juga :

Tidak ada komentar: