berjalanlah sampai tujuan tercapai

Terimakasih telah berkunjung. Semoga Anda menemukan apa yang Anda butuhkan

AdSense

Cara Alami Cepat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

tubuh sehat dan kuat

Supaya daya kekebalan atau tahan tubuh olahragalah dengan teratur dan makan-makanan yang sehat. Namun jika kita tidak sempat berolahraga dengan teratur, kita dapat melakukan dengan cara lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh.


Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami Dengan cepat :

1. Perbanyak Waktu Istirahat

Tidurlah setiap harinya sekitar tujuh sampai delapan jam. Kurang tidur meningkatkan kadar protein yang terkait dengan peradangan dan mengurangi kekebalan tubuh alami. Jika kurang tidur, tubuh akan terasa lebih lemas, nafsu makan meningkat, dan mudah terkena penyakit karena sistem imun menurun drastis. Sehingga kekebalan atau daya tahan tubuh menurun dan penyakitpun mudah menyerang tubuh kita.


2. Jangan Malas Jalan atau Beraktivitas Ringan

Aktivitas fisik dapat membantu menjaga kekebalan tubuh secara alami. Penelitian menunjukkan, orang yang berolahraga selama 5 hari dalam seminggu lebih tahan terhadap pilek dan flu. Memenuhi kebutuhan berjalan kaki sesuai dengan ketentuan minimal dua kilo meter secara normal sudah termasuk olahraga ringan. Beberapa aktivitas fisik yang bisa digolongkan sebagai olahraga misalnya adalah naik turun tangga atau jalan kaki dari rumah ke tempat tujuan terdekat.


3.Menjaga Kebersihan Tubuh Dan Lingkungan Sekitar

Kebersihan juga termasuk faktor yang sangat mempengaruhi sistem kekebalan atau daya tahan tubuh kita. Jagalah kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar anda agar kekebalan atau daya tahan tubuh anda tidak terganggu.


4. Konsumsi/Cukupi Kebutuhan Vitamin C

tubuh sehat dan kuat

Kandungan nutrisi pada buah-buahan dan sayuran dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C membantu menghasilkan komponen yang lebih alami untuk membunuh kuman. 400 miligram vitamin C diperlukan per hari. Vitamin C alami bisa didapatkan dari paprika, jeruk, atau strawberry, dan banyak lagi buah dan sayur yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh kita. Dan ternyata kekurangan vitamin D dapat mengurangi sistem imun pada tubuh, pastikan kebutuhan vitamin D anda terpenuhi. Konsumsi dari susu, sereal, ikan salmon, dan telur.


5. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Zat besi membantu meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan dapat melawan sel kanker. 12 miligram kebutuhan sehari dapat diperoleh dari kepiting, kerang, daging unggas, kacang-kacangan, kacang mete, dan yoghurt.


6. Makan Ikan

Asam lemak esensial omega-3 yang terdapat dalam ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Jika Anda seorang vegetarian dan tidak tahan aroma ikan, makan suplemen minyak ikan.


7. Makan Kacang-kacangan Atau Biji-Bijian

Kacang-kacangan sangat bermanfaat bagi jantung yang sehat, kandungan Vitamin E mampu meningkatkan respon kekebalan tubuh. Beras coklat, gandum, barley, dan bentuk-bentuk serupa lainnya dari gandum mengandung komponen yang kaya nutrisi seperti serat, protein dan anti-oksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


8. Jangan Sampai Stres

Stres dan kekebalan berjalan beriringan. Stres yang ekstrim dapat mengurangi sel pembunuh alami dan membuat tingkat kekebalan berkurang. Lakukanlah beberapa kegiatan lain untuk menurunkan tingkat stres. Stres sebenarnya sangat mudah di atasi dengan cara menguatkan iman dan jangan sampai lupa siapa diri kita sesungguhnya. Tertawa juga bisa mengurangi beban pikiran agar jangan stres, tapi jangan sampai tertawa sendiri ya nanti di pikir orang malah stres.


9. Jangan Kurang Minum

Pada umumnya kebutuhan minum tubuh pada manusia kurang lebih dua liter air mineral. Namun kita juga harus menyesuaikan kebutuhan minum kita dengan aktifitas kita juga. Jika aktifitas berat banyak-banyaklah minum bahkan bisa jadi lebih dari dua liter air yang pada umumnya kita butuhkan. Jika haus, maka segeralah minum dan jangan menahan haus kecuali kalau kita lagi puasa ya! nanti bisa batal.



Nah itulah Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, bila anda menjalahi pola hidup yang sehat dan rajin berolahraga tentu kekebalan tubuh anda akan terjaga. Perlu juga diketahui ada beberapa makanan sehat, namun bisa menjadi buruk bagi kesehatan yakni makanan yang harus dihindari usai berolahraga. Sekian tips kesehatan kali ini, semoga bermanfaat bagi semua.


Tidak sulitkan untuk melakukan tips yang di atas? selain kita mendapatkan kekebalan daya tahan tubuh yang kuat, banyak macam-macam penyakit yang dapat terhindar dari tubuh kita.

Tidak ada komentar: