berjalanlah sampai tujuan tercapai

Terimakasih telah berkunjung. Semoga Anda menemukan apa yang Anda butuhkan

AdSense

Sirsak Si Pencegah Kanker

Oleh :
Dr. Elia indrianingsih, SpGk

pohon sirsak

Dalam sistematika tumbuhan (taksonomi), buah sirsak diklasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom        : Plantae
Divisi              : Spermatophyta
Sub Divisi       : Angiospermae
Kelas              : Dicotiledonae
Ordo               : Magnoliales
Famili              : Annonaceae 
Genus              : Annona
Species           : Annona muricata L.

Salah satu buah yang diduga bermanfaat kanker adalah sirsak. Sirsak mengandung senyawa saponin, polifenol dan biolavoid yang berfungsi sebagai anti oksidan yang kuat.

buah sirsak


Masyarakat yang lebih banyak mengkonsumsi lebih banyak makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian utuh, memilki kemungkinan yang lebih kecil menderita infeksi kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Makanan yang memberikan manfaat kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker disebut makanan fungsional (functional food), karena kandungan senyawa fitokimia dan zat bioaktifnya yang bermanfaat

Fitokimia dan bioaktif bahan makanan alami memiliki efek anti oksidan yang dapat meningkatkan aktifitas enzim yang menurunkan risiko kanker.

Salah satu buah yang diduga bermanfaat untuk menrunkan risiko kanker adalah sirsak. Sirsak mengandung senyawa saponin, polifenol, dan bioiflavoid yang berfungsi sebagai anti oksidan yang kuat. Senyawa aktif lainnya adalah annonaceous acetogenins yang berefek sebagai antioksidan, meredam radikal bebas yang dapat merusak sel dan mencetuskan terjadinya kanker. Efek lain sirsak  yang diduga yaitu dapat membunuh sel abnormal sel kanker tanpa merusak sel yang normal. Namun demikian, belum ada bukti yang mendukung dugaan efek tersebut.

buah sirsak


Selain memilki rasa yang segar karena mengandung vitamin B dan C, buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol tekanan darah, mencegah radang sendi dan asam urat, serta mengatasi depresi. Tidak hanya buahnya saja, bagian sirsak yang diduga dapat bermanfaat bagi kesehatan adalah batang dan daunnya. Buahnya dapat dimakan langsung atau diolah manjadi jus yang dapat dikombinasikan dengan buah yang lainnya yang kaya akan antioksidan. Sementara itu daun sirsak dapat direbus yang kemudian hasil rebusannya dapat diminum layaknya seperti minum teh.

Namun demikian banyak juga yang tidak suka makan buah sirsak, mungkin karena caranya yang kurang menarik atau berbagai hal Yang membuat orang tidak suka. Ada salah satu cara menikmati buah sirsak yaitu dengan membuat sop buah sirsak. dengan membuat sop buah sirsak, mungkin akan membantu agar yang tidak suka mungkin suka karena campurannya dengan buah-buah yang lain dan ciri khas sirsaknya tidak begitu kelihatan. sop buah sirsak sangat baik untuk kesehatan terutama untuk mengatasi kanker.

sop buah sirsak

Tidak ada komentar: