berjalanlah sampai tujuan tercapai

Terimakasih telah berkunjung. Semoga Anda menemukan apa yang Anda butuhkan

AdSense

Penyebab Dan Cara Mencegah Flu Atau Pilek

A. Penyebab Flu Atau Pilek

Banyak orang yang berpendapat penyakit flu atau pilek dan batuk karena makan gorengan atau minum es dalam jumlah yang berlebihan. Atau penyebab lainnya karena kelelahan , terkena hujan, debu, naik sepeda motor atau polusi lainnya. Hal tersebut tidak benar, itu semua bukan menjadi penyebab langsung timbulnya batuk, flu atau pilek, dan demam.

Penyebab Utama Penyakit Flu atau Pilek
Influenza (Flu) adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza). Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini diantaranya yaitu badan menggigil, demam, nyeri tenggorokkan, nyeri otot, saki kepala terasa berat, batuk-batuk, kelemahan/lelah, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Factor daya tahan tubuh menjadi factor penting bagi penderita flu, demam, batuk, pilek. Bila tidak ada kontak dan sumber penularan flu tidak akan terjadi karena virus tersebut tidak akan tersebar di udara luas.

Mitos tidak benar tentang penyebab flu, pilek, demam, dan batuk :

Karena cuaca dan perubahan musim
Karena makan gorengan atau makan krupuk
Karena hujan
Karena masuk angin akibat kipas angin atau naik kendaraan
Karena kecapekan dan kurang tidur
Karena naik sepeda Motor
Karena minum es
Karena panas dalam
Udara dingin, berenang atau AC
Kena debu rumah, debu bangunan atau bulu Binatang

Sepuluh mitos yang di atas bukanlah penyebab dari penyakit flu atau pilek tetapi kenapa sistem kekebalan tubuh dapat melemah. Penyebab flu adalah karena sistem kekebalan tubuh yang melemah, jangan salahkan sepuluh mitos di atas. Karena kalau pun anda lakukan yang sepuluh tersebut belum tentu anda langsung terkena penyakit flu atau pilek, jika memang kekebalan tubuh anda kuat belum tentu terkena penyakit flu atau pilek. Kita ambil contoh orang-orang yang sering begadang atau orang yang tidak bisa tidur tanpa kipas angin, bagaimana pula dengan orang yang pergi kemana-mana menggunakan sepeda motor ? mereka tetap sehat dan baik-baik saja tanpa ada keluhan melakukan aktifitas mereka masing masing.

Beberapa factor tersebut bukan menjadi penyebab utama. Tapi menjadi factor yang memperberat bukan factor utama. Kalaupun ada faktor debu, dingin, minum es pada penderita alergi hanya menjadi keluhan batuk sesaat dan sebentar akan membaik dalam beberapa jam kemudian.

Hal ini disebabkan karena alergi bukan virus. Karena, infeksi saluran napas harus ada sumber penularan kontak yang terkena infeksi. Misalnya minum es memang akan memperberat batuk, dan pilek yang terjadi. Pada penderita alergi kadangkala bukan hanya es, tetapi kandungan es yang ada seperti es jeruk atau es coklat bisa menjadi penyebab alergi batuk. Bila terdapat faktor tersebut di atas tetapi tidak ada kontak yang sakit flu atau virus maka tidak akan terjadi atau tertular infeksi tersebut.


Tidak ada komentar: