berjalanlah sampai tujuan tercapai

Terimakasih telah berkunjung. Semoga Anda menemukan apa yang Anda butuhkan

AdSense

Pengertian Modalitas Belajar dan Ciri-Cirinya

Setelah melihat bagaimana orang lain sukses dalam belajar, sekarang waktunya mengeksplorisasi gaya belajarmu sendiri. Gaya belajar adalah kebiasan belajar yang kita miliki. Gaya belajarmu adalah kombinasi dari cara mu menyerap, mengatur, dan mengolah informasi.

Sebelumnya mari kita ketahui apa itu modalitas.
Modalitas adalah bagaimana cara termudahmu dalam menyerap informasi, apakah kamu lebih mudah menyerap informasi melalui cara visual (melihat), auditorial(mendengar), atau kinestetik (bergerak, bekerja, menyentuh).

Agar lebih memahami diri kamu sendiri dalam modalitas, ada baiknya kamu ketahui dominasi otak diri sendiri.
Dominasi otak, yaitu bagaimana caramu mengatur dan mengolah informasi. Apakah kamu lebih banyak menggunakan otak kiri atau menggunakan otak kanan.

Setiap modalitas belajar memiliki ciri-ciri tersendiri.
Berikut beberapa Ciri-ciri orang dengan menggunakan berbagai modalitas Modalitas :

- Ciri-ciri orang dengan modalitas Kinestetik :


Berikut beberapa cara agar belajar menjadi lebih nyaman:


  • Memilih tempat

Buatlah tempat belajar anda senyaman mungkin, bersih dan sejuk. karena tempat sangat berpengaruh dalam kenyamanan kita saat berkonsentrasi.


  •  Menciptakan suasana

Ciptakanlah suasana seperti yang Anda sukai. suasana yang baik adalah suasan yang Andsua secara probadi, namun secara teori, suana yang baik adalah suasana yang tenang tanpa ada keibutan dan tidak ada pergerkan yang terlalu banyak atau aktifitas lain yang membuat mata kita mejadi terlalu banyak melihat hal lain


  • Memilih waktu

kita memerlukan waktu yang tepat dan cukup untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita sendiri, maka dari itu gunakanlah waktu yang sesuai dengan keinginan anda. Agar lebih nyaman sebaiknya Anda membuat jadwal kegiatan anda agar tidak lupa dan mendapatkan waktu yang tepat.


  • siapkan makanan ringan agar tidak mudah bosan

Untuk cara ini hanya kita gunakan pada saat kebosanan sudah mulai menghampiri diri kita, pada umumnya tingkat konsentrasi atau keseriusan seseorang dalam belajar kurang lebih hanya 15 menit. Namun cara ini juga dapat kita gantikan dengan cara mendegarkan musik atau menenangkan diri sejenak atau melakukan aktifitas lain yang kecil sejenak saja.

Tidak ada komentar: