berjalanlah sampai tujuan tercapai

Terimakasih telah berkunjung. Semoga Anda menemukan apa yang Anda butuhkan

AdSense

Pengertian dan Ciri-ciri Orang Dengan Modalitas Kinestetik :

Setiap orang memiliki cara untuk menyerap atau memahami dan mengingat informasi melalui indra yang dimiliki. Modalitas kinestetik adalah model atau cara seseorang yang menyerap informasi melalui berbagai bantuan gerakan fisik.

Kita harus benar-benar mengetahui apa yang ada dalam diri kita sendiri sebelum mengetahui apa yang ada pada diri orang. Salah satunya dengan mengetahui ciri apa yang ada dalam diri kita dalam belajar. Mungkinkah Kamu memiliki ciri-ciri orang dengan menggunakan modalitas kinestetik atau ciri-ciri orang dengan modalitas yang lainnya seperti ciri-ciri orang dengan modalitas visual, atau ciri-ciri orang dengan modalitas auditorial.

Mari kita ketahui dahulu salah satu dari berbagai ciri yang ada pada diri setiap orang dalam gaya belajarnya sendiri. Yaitu, ciri-ciri orang dengan modalitas kinestetik.


- Ciri-ciri orang dengan modalitas Kinestetik :

1. Berbicara dengan perlahan
2. Menanggapi perhatian fisik
3. Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka
4. Berdiri dekat ketika berbicara  dengan orang
5. Selalu berorientasi dengan fisik dan banyak bergerak
6. Mempunyai perkembangan awal otot-otot yang besar
7. Belajar melalui memanipulasi dan praktek
8. Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
9. Menggunakan jari sebagai pennjuk pada saat membaca
10. Banyak menggunkan isyarat tubuh
11. Tidak dapat duduk diam untuk waktu yang lama


Lihat juga
- Ciri-ciri orang dengan modalitas Visual :


Di dalam sekolah, siswa yang memiliki ciri-ciri kepribadian kinestetik akan lebih mengerti terhadap materi yang disampaikan oleh guru karena menggunakan bantuan media yang memungkinkan siswa untuk bergerak.
Namun demikian, dalam satu kelas terdapat banyak siswa dan tidak semua siswa hanya mengerti dengan cara belajar seperti modalitas kinestetik. guru juga harus memiliki cara yang berbeda dengan melakukan banyak cara dengan menggunakan beberapa bantuan media lain agar murid yang memiliki modalitas auditorial dan modalitas visual juga dapat mengerti terhadap apa yang disampaikan oleh guru merekan. saat ini media bantuan untuk belajar sudah banyak yang kita ketahui dan tidak diragukan lagi karena sangat membantu murid dan guru dalam proses belajar dan mengajar. contoh : membuat permainan dalam pelajaran, menggunakan bantuan infokus saat mengajar,  praktek langsung, menonton video atau film dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar: